Teka – Teki Punduk Sapi Zebu dan Keistimewaan Sapi Zebu

 

Sapi merupakan salah satu jenis ternak penghasil sumber protein hewani. Ada berbagai jenis sapi dan diantaranya adalah sapi zebu. Sapi zebu memiliki punuk dan kulit bergelambir dibagian leher sebagai ciri khusus dari bangsanya. Nama zebu ini berasal dari kata ceba yang dalam bahasa Tibet artinya punuk.

Grup: Zebu  Afrika Timur Kecil

Lokasi Utama: Mendiami Pulau Madagaskar.

Asal: Zebu Madagaskar adalah populasi yang relatif homogen dari zebu berpunuk dada dan bertanduk pendek yang ditemukan di pulau Madagaskar. Trah ini diyakini berasal dari perkawinan silang antara sapi zebu Indo-Pakistan dan sapi sanga Afrika. Imigran Indonesia diketahui membawa zebus Indo-Pakistan ke Madagaskar dari India dan Arab, sedangkan orang Hamitic dan Bantu dari Afrika Timur memperkenalkan sapi Humpless dan sanga. Zebus Afrika Timur juga diimpor ke pulau itu dari tahun 1506 dan seterusnya. Perkawinan silang di antara sapi-sapi ini menghasilkan keturunan asli zebu Madagaskar yang stabil (Felius, 1995; Rege dan Tawah, 1999).

Gamabar 1. Kawanan Sapi Zebu


Sapi zebu ini merupakan salah satu jenis sapi tertua (3000 tahun SM) yang  berasal dari wilayah Asia Selatan, khususnya India . Sapi di India anggap sebagai hewan suci, jadi mereka memanfaatkanya sebagai hewan penghasil susu atau hewan pekerja.

Sapi zebu dapat tinggal di daerah beriklim tropis yang panas karena sapi ini memiliki kelenjar keringat yang efisien untuk menjaga tubuhnya di suhu panas, laju metabolisme yang lebih rendah dan tubuh yang lebih padat dibandingkan sapi jenis lain. Metabolisme tubuhnya yang rendah membuat sapi zebu bisa bertahan lebih lama tanpa makanan.

Ukuran punuk sapi zebu berbeda-beda tergantung  umur, jenis kelamin dan jenis sapi. Punuk sapi  zebu terdiri dari otot, jaringan ikat, dan lemak. Punuk sapi ini muncul karena disebabkan oleh pembesaran otot-otot rhomoideus di area bahu dan punggungnya. Fungsi dari  punuk sapi zebu masih dipelajari oleh ilmuwan namun awalnya ilmuwan memperkirakan punuk sapi berfungsi sebagai tempat penyimpanan lemak yang bisa digunakan saat cadangan makanan menipis. Meski begitu, ada yang membantah pendapat itu karena di dalam punuk sapi lebih banyak kandungan otot dibandingkan lemaknya. Punuk sapi zebu juga mengandung beberapa pembuluh darah yang membuatnya bisa melakukan metabolisme lebih cepat. Kemudian ada juga pendapat bahwa punuk sapi ini berhubungan dengan daya tarik sapi jantan untuk mencari pasangan, teman-teman.

Jenis sapi zebu sekarang ada sekitar 70 spesies yang tersebar di Asia dan Afrika, dan ada juga yang tinggal di Benua Amerika, di mana sapi ini dikenal sebagai sapi Brahman. persentase karkasnya 45%. keistimewaan sapi ini tidak terlalu selektif terhadap pakan yang diberikan, jenis pakan (rumput dan pakan tambahan) apapun akan dimakannya, termasuk pakan yang jelek sekalipun. sapi potong ini juga lebih kebal terhadap gigitan caplak dan nyamuk serta tahan panas.